Senin, 08 Februari 2016

Inilah! Rahasia Agar Berprestasi di Tempat Kerja

3 Senjata Yang Akan Melejitkan Karir Anda di Lingkungan Kerja
Banyak tips di luar sana mengenai pengembangan diri tentang karir di lingkungan kerja. Bahkan mungkin anda pun memiliki rahasia dalam membangun karir anda di perushaan sekarang. Tapi, ada 3 hal yang sangat berpengaruh kepada mindset/pola pikir anda yang akan merubah bahkan melesatkan karir anda menuju puncak perusahaan. 

Menurut saya, ini bukan lagi sebuah tips dan cara melainkan sebuah kebiasaan yang harus Anda terapkan sehingga tanpa diingatkan pun Anda melakukannya dengan senang hati. Lalu seperti apa sih senjata itu?

#Personal Competensi

Seperti yang anda ketahui. Hidup tidak pernah lepas dari yang namanya kompetensi. Entah itu dalam ranah poitik, organisasi kecil, di kelas maupun lainnya. Beragam cara dilakukan agar memenangkan kompetensi tersebut.  

Namun tahukan anda jika kunci menjadi karyawan berprestasi itu "Bukan dari profesi melainkan di kompetensi". Why?

Mari kita kebelakang melihat arti dari kompetensi itu, adalah kemapuan pada seseorang/ keahlian yang dimiliki pada level master "expert". Ya dari sini kita bisa jawab pertanyaan diatas bahwasanya ke profesionalan tidak pernah akan mendahului kompetensi anda.

Jadilah expert di bidang anda dengan serius dan konsisten. saya beri contoh, jika anda seorang desainer, milikilah pengetahuan yang mendalam tentang fashion, modeling, lifestyle, dan berstandar internasioal yang sangat ahli, bahkan tidak ada lagi yang menguasainya/ melakukannya selain anda!


#Personal Calling

Kenali panggilan hidup Anda, bahwa semua memanglag berawal dari sini. Personal calling sangat erat hubungannya dengan nasib / karir anda. Ini adalah hal yang sangat mendalam dari diri seseorang yang bilamana diaktifkan akan menghasilkan perubahan yang luar biasa pada hidup dan karir anda.

Secara gamblan personal calling diartikan sebagai panggilan hidup yang mendasari alasan kenapa anda ada/ alasan keberadaan anda pada sebuah perusahaan. Saya katakan " Bukankah anda dibayar untuk ini" Ya ini adalah prinsip dasar agar anda terus mengingat tujuan anda di pekerjakan oleh perusahaan. 

Selain itu ini akan meningkatkan gairah motivasi secara konsisten dalam diri seseorang jika pekerjaan yang ada diselaraskan dengan personal callingnya. Kuncinya pun ada pada "Passion". seseorang akan merasa bahwa dia tidak sedang bekerja, melainkan hidup dalam kesenangan dan mengaktifkan kehidupannya. Dengan kata lain "Seseorang akan mendapatkan tenaga esktra yang dahsyat".

#Personal Influence

Apakah Anda pernah mendengar ini sebelumnya? Ya, tenang saja, karena saya akan mengulasnya disini. 

Personal influence memiliki arti, nilai, pengaruh, opini tentang keberadaan anda dalam sebuah perusahaan. Lalu pernahkan anda mengatakannya dalam diri Anda sendiri? Sebenarnya ini pun ada kaitannya dengan sebuah "Kesadaran" yang akan mencitrakan diri anda. Dengan kata lain bahwa personal influence lebih cenderung dilihat dari sudut pandang perusahaan.

Sebelum kebahasan yang lebih jauh, saya katakan bahwa ini bukanlah nilai dari soal tentang "Jabatan" yang dimana bersifat berpengaruh. Semakin tinggi jabatan, maka semakin tinggi pengaruh ke hasilnya. Eit! Belum tentu. Bagaimana jika bawahan lebih banyak memiliki kontribusi, respon dan nilai kompetensinya?

Ini seperti kembali mengingatkan kita akan pentingnya keseriusan dan totalitas dalam bekerja. Dan saya katakan dengan jujur ini akan sangat mencitrakan diri anda dan menjadikan anda "Role Model" atasan ataupun perusahaan anda.

Pernahkan anda menjadi juru kunci atasan anda ketika ada masalah? Jika ia, maka anda adalah salah satu ciri orang yang memiliki senjata ketiga ini. Dalam beberapa kasus yang saya ketahui, adalah bahwa atasan tak selalu memiliki pengaruh dalam mengambil keputusannya dan ternyata bawahanlah yang justru memiliki pengaruh lebih kuat daripada atasannya dikarenakan lebih mengerti hal teknis dsb.


Cukup sederhana bukan? Sekian dulu ya ulasan kali ini.

Semoga bermanfaat.

SALAM SUKSES

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon