Rabu, 09 Maret 2016

Definisi Serta Pengertian ISO 9001:2008

Definisi Serta Pengertian ISO 9001:2008
Definisi Pengertian ISO

Badan sertifikasi yang berorientasi pada layanan pelanggan dan standar manajemen mutu ini awal mula di bangun oleh satu badan internasional di Swiss yang berkedudukan di Genewa, Swiss. Dimana dikeluarkan pertama kali pada tahun 1987 dan telah mengalami perubahan / revisi sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1994 dan 2008. 

Perlu diketahui Standar ISO 9001 dimaksudkan untuk berlaku bagi semua organisasi dengan berbagai skala dan bidang industri dengan tidak mensyaratkan cara tertentu tentang bagaimana organisasi harus memenuhi persyaratan, melainkan "hanya menunjukkan mengenai pedoman yang harus dipenuhi". Ini lebih kedalam apa yang bisa "perusahaan" lakukan untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan (visi misi yang telah ditetapkan perusahaan tersebut. 

Contoh :
  • Persyaratan kualitas pelanggan,
  • Lingkungan
  • Sesuai dengan peraturan
Menurut wikipedia ISO 9001 adalah standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Generic standar berarti standar yang sama dapat diterapkan pada berbagai organisasi, besar atau pun kecil, apapun product dan layanannya, dalam sembarang actifitas suatu sektor, dan apakah itu adalah perusahaan business, layanan public atau departemen pemerintahan dan menurut prinsip ISO, sebuah organisasi harus menunjukkan kemampuan untuk memenuhi atau melampaui kepuasan pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas, dan kinerja.

Ini bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas yang merujuk kepada perbaikan seperti : Audit internal, audit oleh klien, dan audit oleh lembaga sertifikasi pihak ketiga independen.


EmoticonEmoticon